Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Dari Manikin sampai Raijua

Spirit NTT, 31 Desember 2007- 6 Januari 2008
* Pantai Manikin: Terdapat di Tarus Kecamatan Kupang Tengah. Berjarak 13 kilometer dari ibu kota kabupaten. Spesifikasi daya tarik memiliki panorama alam, pasir putih yang indah. Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh turis karena menyediakan tempat untuk segala tingkat, juga dapat digunakan untuk bola voli pantai. Selain sebagai tempat rekreasi (mandi, berenang) dan kegiatan kemping, Anda dapat menikmati makanan lokal seperti jagung bakar, ubi rebus, pisang rebus dan lain-lain. Dapat dijangkau dengan transportasi umum atau pribadi. Lokasi ini juga pernah dipakai Festival Budaya Timor pada tahun 2001 yang diikuti peserta dari seluruh etnis kabupaten se-daratan Timor dan Kota Kupang. Obyek wisata ini telah dibenahi dengan sarana-sarana antara lain lopo, kolam renang dan MCK.
* Pantai Barate: Di Kecamatan Fatuleu, berjarak 95 km dari ibu kota kabupaten dengan luas sekitar lima kilometer. Spesifikasi daya tarik memiliki panorama alam, pasir putih, rekreasi, mandi, berenang dan selam. Dapat dijangkau dengan transportasi umum dan pribadi.
* Pantai Sulamu: Di Kecamatan Sulamu. Berjarak 80 km dari ibu kota kabupaten dengan luas enam kilomneter. Spesifikasi daya tarik panoram alam, pasir putih, tempat rekreasi, mandi dan selam. Dapat dijangkau dengan transportasi darat dan laut.
* Pantai Oupoli: Di Kecamatan Amfoang Utara. Berjarak 145 km dari ibu kota kabupaten/40 km dari ibu kota kecamatan. Spesifikasi daya tarik pasir putih, batu kapal, tempat rekreasi, mandi dan berenang, dengan luas 4 km. Dapat dijangkau dengan transportasi darat dan laut
* Pantai Naikliu: Di Kecamatan Amfoang Utara. Berjarak 120 km dari ibu kota kabupaten/ 0,5 km dari kota kecamatan. Spesifikasi daya tarik pasir putih, tempat rekreasi, mandi dan berenang. Dapat dijangkau dengan transportasi darat dan laut.
* Pantai Tablolong: Di Kecamatan Kupang Barat. Berjarak 30 km dari ibu kota kabupaten dengan luas pantai sekitar 5 km. Spesifikasi daya tarik panorama alam, luas pantai sekitar 3 km dengan keadaan pantai yang unik dan berpasir putih dengan dukungan laut yang dapat dipakai untuk kegiatan lomba dayung, mancing tradisional, nasional dan internasional. Tempat rekreasi, bisa dipakai juga untuk kegiatan selancar angin karena didukung oleh keadaan laut yang tenang. Di belakang obyek wisata Tablolong terdapat hutan belukar seluas tiga hektar yang dihuni oleh satwa berupa monyet dan kambing hutan. Di belakang obyek ini terdapat Desa Budaya yaitu Suku Panaf dengan jumlah 18 kepala keluarga (KK), dengan bahasanya adalah campuran bahasa Oekusi, Helong dan Rote (merupakan keunikan satu Dusun Panaf). Tempat Suku Panaf berupa batu yang bentuknya seperti hidung kambing yang menjorok ke laut
Pantai Wisata Tablolong juga memiliki pasir putih, air yang kristal dan bagus untuk rekreasi dan olahraga. Tablolong terpilih sebagai tempat turnamen pancing yang diselenggarakan setiap tahun. Dapat dijangkau dengan transportasi umum dan pribadi. Obyek wisata ini telah dibenahi dengan sarana antara lain lopo, rumah makan, jalan setapak, MCK dan permainan anak-anak misalnya ayunan.
* Pantai Oesina: Di Lifuleo Kecamatan Kupang Barat. Berjarak 35 km dari ibu kota kabupaten dengan luas sekitar 10 km. Spesifikasi daya tarik mempunyai pasir putih, mandi, berjemur, rekreasi, menyelam dan kegiatan kemping. Dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi.
* Pantai Batulesa: Jarak dari kota kabupaten 23 km dengan luas 5 ha. Spesifikasi daya tarik pasir putih, tempat berjemur matahari, rekreasi, kemping dan bermain sky.
* Pantai Salupu: Di Desa Lifuleo, Kecamatan Kupang Barat, berjarak 38 km dari ibu kota kabupaten dengan luas 10 km. Spesifikasi daya tarik pasir putih, hutan bakau dan satwa kelelawar, tempat rekreasi, mandi, selam, renang, kemping dan berjemur di pasir. Dapat dijangkau dengan transportasi umum dan pribadi.
* Pantai Uiasa: Di Kecamatan Sulamu. Berjarak enam mil laut dari ibu lota kabupaten/ satu jam perjalanan dari Kupang. Spesifikasi daya tarik mempunyai pasir putih, taman laut yang indah (terutama terumbu karang dan ikan hias) tempat rekreasi, mandi, berenang, berjemur dan mancing. Dapat dijangkau dengan transportasi laut

* Pantai Otan: Di Kecamatan Semau. Berjarak 15 mil laut dari ibu kota kabupaten. Spesifikasi daya tarik memiliki pasir putih dan taman laut, tempat rekreasi, mandi, berenang, berjemur dan mancing. Dapat dijangkau dengan transportasi laut.
* Pantai Pulau Kera: Di Kecamatan Semau. Berjarak enam mil laut dari ibu kota kabupaten dengan lama perjalanan 45 menit menggunakan perahu motor. Spesifikasi daya tarik pasir putih sepanjang sekitar 3 km, panorama alam untuk tempat pemandian, ada terumbu karang yang di sekitarnya terdapat bermacam-macam ikan hias dan cocok untuk ditanam pohon kelapa, pohon turi serta bisa untuk kegiatan diving/menyelam, serta berjemur. Dapat dijangkau dengan transportasi laut.
* Pantai Akle: Di Kecamatan Semau. Berjarak delapan mil dari ibu kota kabupaten. Dengan spesifikasi daya tarik pasir putih, tempat rekreasi, mandi dan menyelam.
* Pantai Bolow: Di Kecamatan Sabu Timur. Berjarak 2 km dari ibu kota Kecamatan. Dengan spesifikasi daya tarik pasir putih, tempat rekreasi, mandi dan menyelam.
* Pantai Seba: Di Kecamatan Sabu Barat. Berjarak 2 km dari ibu kota kecamatan. Spesifikasi daya tarik pasir putih, tempat rekreasi, mandi dan menyelam.
* Pantai Raijua: Di Kecamatan Raijua. Berjarak satu kilometer dari ibu kota kecamatan. Spesifikasi daya tarik pasir putih, tempat rekreasi, pemandian dan menyelam. (kpde@kab-kupang.go.id)

Tidak ada komentar: