Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Tinggi, peminat CPNSD di Rote Ndao

Laporan Syarifah Sifat, Spirit NTT 24-31 Desember 2007
BA'A, SPIRIT--Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnekertrans) Kabupaten Rote Ndao sejak bulan September-Desember 2007 mengeluarkan sekitar 1.500 kartu kuning bagi pencari kerja di Kabupaten Rote Ndao. Sesuai data, angkatan kerja di Kabupaten Rote Ndao sebanyak 6.443 orang sampai akhir Oktober 2007. Dari jumlah ini, sebagian besar melamar menjadi calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD).
Kepala Dinas (Kadis) Nakertrans Rote Ndao, Sugito, di ruang kerjanya, Jumat (14/12/2007), mengatakan, pada bulan Desember tidak banyak yang urus kartu kuning karena rata-rata telah mengurus bulan September hingga November 2007.
"Para pencari kerja umumnya tahu pembukaan penerimaan calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) sekitar bulan itu sehingga mereka ramai-ramai urus kartu kuning," jelas Sugito, mantan Kepala Balai Pelatihan Nakertrans Kabupaten Sumba Timur.
Menurut Sugito, angkatan kerja yang tercatat 6.443 orang dengan tingkat pendidikan SD, SMP, SMA hingga sarjana termasuk keahlian. "Angka ini akan bertambah sampai selesai penutupan pendaftaran CPNSD di Rote Ndao. Sementara data sesuai jenis kelamin, laki-laki 3.322 dan perempuan 3.021 orang," jelasnya.
Dia mengatakan, jumlah tenaga kerja setiap hari bertambah karena kecenderungan pencari kerja menjadi pegawai negeri sipil lebih tinggi, dan sedikit yang ingin berkiprah di bidang wiraswasta.
Tentang tenaga kerja Indonesia (TKI) dan tenaga kerja wanita (TKW) yang tercatat di Nakertrans Rote, Sugito mengatakan, ada 83 orang terdiri dari laki-laki tujuh orang dan perempuan 76 orang. Semuanya direkrut PJKTI yang memiliki cabang di di Rote dengan penempatan di negara Malaysia.
Pantauan SPIRIT NTT di lokasi penerimaan CPNSD Rote Ndao setiap hari puluhan pelamar memasukan lamaran. Umumnya, pelamar dari guru dan tenaga kesehatan termasuk pelamar yang menggunakan ijazah sarjana ekonomi.
Asisten III Sekab Rote Ndao, Ernest Pella, M.Si yang ditemui Kantor Bupati Rote Ndao mengakui, kuota CPNSD Rote Ndao sebanyak 71 orang terdiri dari 68 pelamar umum dan tiga tenaga honor. "Tahun ini formasinya lebih banyak untuk tenaga guru, kesehatan dan sarjana ekonomi. Sementara sarjana umum lainnya hanya satu orang," kata Ernest. *
ANGKATAN KERJA DI ROTE
Berijazah SD 22 orang; Berijazah SMP 158 orang; Berijazah SMA 4.934 orang;
Berijazah Diploma 324 orang; Berjazah Sarjana/S1 829 orang; Berijazah Magister/S2 6 orang.

Tidak ada komentar: