Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Dillak: Jangan ceroboh manfaatkan anggaran

Laporan Syarifah Sifat, Spirit NTT 24-31 Desember 2007

BA'A, SPIRIT--Bupati Rote Ndao, Christian Nehemia Dillak, S.H, mengingatkan pimpinan dinas, bagian, badan, terutama pengelola anggaran tidak ceroboh memanfaatkan anggaran, melainkan terus meningkatkan kinerja dan penuh tanggung jawab.
Permintaan Bupati Dillak ini terkait ditetapkannya penambahan
Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Rote Ndao tahun anggaran 2007, Jumat (13/12/2007). Dalam APBD 2007 itu, biaya rutin ditetapkan sebesar Rp 6.419.948.678,15. Dengan demikian APBD Rote Ndao 2007 setelah perubahan menjadi Rp 248.189.486.681,15.
Untuk belanja sebelum perubahan Rp 245.163.426.714,00, dan setelah perubahan menjadi Rp 259.391.488.473,00 dengan defisit setelah perubahan sebesar Rp 11.202.001.791,85.
Namun penetapan perubahan anggaran ini nyaris bertepatan dengan penutupan tahun buku. Dan anggaran yang ditambah tersebut hanya untuk biaya rutin pegawai.
"Berbagai catatan kritis dan konstruktif berkaitan pengelolaan APBD yang disampaikan melalui pendapat akhir fraksi agar dicermati untuk perbaikan kinerja ke depan. Kami terus berupaya memiliki tenaga akuntan yang mempunyai kemampuan mengelola keuangan daerah. Berbagai kekurangan yang kita hadapi saat ini merupakan bagian dari kekurangan tenaga profesional," kata Bupati Dillak dalam sidang yang dipimpin Ketua DPRD Rote, Zakarias Manafe.
Sidang dihadiri Wakil Ketua DPRD Cornelis Foeh dan 17 dari 25 anggota Dewan. Dari unsur pemerintah hadir Sekab Rote, Joel Jacob, S.H, para asisten, kadis dan kabag. *
Intensifkan pelaksanaan program
MENYOAL perubahan anggaran ini, Ketua DPRD Rote Ndao, Zakarias Manafe, dalam sambutannya, mengatakan, terjadi defisit anggaran harus memungkinkan setiap satuan kerja makin mengintensifkan pelaksanaan program dan kegiatannya sehingga sasaran dan target yang direncanakan dapat dicapai.
"Kita berharap berbagai pokok pikiran dan harapan yang disampaikan dalam pembahasan perubahan anggaran mendapat perhatian yang sungguh agar operasionalisasinya senantiasa konsisten pada kebijakan dasar yang telah disepakati dan perda tentang perubahan APBD yang baru ditetapkan dapat dijadikan landasan bagi pemerintah untuk menetapkan asumsi dasar terkait penyusunan anggaran induk tahun 2008," harapnya. *

1 komentar:

Unknown mengatakan...

gunakanlah anggaran secara bijaksana dan tepat guna, sehingga dapat melahirkan kemajuan-kemajuan yang siknifikan di daerah Rote secara keseluruhan, tetap semangat dan santun dalam menggunakan uang karena uang dapat merubah ketulusan menjadi keserakahan. oleh harun dethan,MSc.MA anak rote yang tinggal di Jakarta. harun dethan adalah motivator, pengajar, penulis dan pengkhotbah lintas dedominasi. situs,http://harundethan.blogspot.com