Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jual makanan kadaluwarsa, pemilik toko ditegur

Laporan Adiana Ahmad, Spirit NTT 24-31 Desember 2007

WAINGAPU, SPIRIT--Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumba Timur sejak tanggal 14 sampai 19 Desember 2007, mengadakan razia makanan kadaluwarsa di toko-toko di Kota Waingapu, Ibu kota Kabupaten Sumba Timur (Sumtim). Razia yang dipimpin Ketua YLKI, Stef Makambombu, menemukan makanan dan minuman kadaluwarsa dan tidak layak edar, terpajang di sejumlah toko dan mini market.
Dalam razia kali ini, YLKI hanya menegur, memberikan peringatan kepada pemilik toko untuk menyingkirkan dan tidak menjual barang-barang kadaluwarsa dan tidak layak edar tersebut.
Di Toko Nusantara, misalnya, YLKI menemukan minuman kaleng seperti fanta dan coca cola serta makanan ringan seperti biskuit dan permen yang sudah kadaluwarsa masih terpajang di etalase toko.
Ketua YLKI Sumba Timur, Stef Makambombu yang ditemui usai razia, di Waingapu, Rabu (19/12/2007), mengatakan, razia itu dalam rangka mengantisipasi beredarnya makanan kadaluwarsa menjelang Natal dan Tahun Baru.
"Ada 10 toko yang kita datangi. Dari sepuluh toko itu ada dua toko yang ditemukan masih menjual makanan kadaluwarsa. Salah satunya adalah Toko Nusantara," kata Stef.
Dia mengatakan, produk-produk makanan dan minuman kadaluwarsa yang ditemukan dalam operasi tersebut antara lain coca cola, fanta, permen, biskuit dan mie instan. "Para pemilik toko sudah kita beri peringatan agar menyingkirkan barang itu dari pajangan," katanya.
Dia mengatakan, untuk tahap awal tindakan yang diambil hanya berupa teguran. Jika dalam operasi berikutnya masih ditemukan hal yang sama maka pihaknya terpaksa mengambil langkah hukum untuk melindungi konsumen. *

1 komentar:

infogue mengatakan...

Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

http://infogue.com/
http://infogue.com/makanan_minuman/jual_makanan_kadaluwarsa_pemilik_toko_ditegur/