Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Calon PNS mulai mendaftar di BKD Sumba Timur

Laporan Adiana Ahmad, Spirit NTT

WAINGAPU, SPIRIT--Para pencari kerja (pencaker) di Kabupten Sumba Timur, Kamis (5/12/2007), mulai mendaftarkan diri menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumba Timur (Sumtim). Padahal, pembukaan pendaftaran baru dimulai Senin (9/12/2007).
Sekretaris BKD Sumba Timur, Amos Mbaku Ndima, S.H, ketika ditemui SPIRIT NTT di ruang kerjanya, Kamis (5/12/2007), mengatakan, karena ada keterlambatan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan), maka pengumuman penerimaan CPNS tahun 2007 baru dilakukan Rabu (4/12/2007).
Amos mengatakan, sesuai petunjuk dari Menpan, pendaftaran CPNS baru akan dilakukan tanggal 9-24 Desember 2007, termasuk hari minggu. Sementara pelaksanaan testing diperkirakan dilakukan Januari 2008. "Tanggalnya belum ditentukan. Kami masih menunggu informasi dari menpan," kata Amos.
Dia mengakui minat masyarakat untuk menjadi PNS sangat besar. Hal itu dapat dilihat dari membludaknya para pencaker di tempat pendaftaran pada hari pertama dan kedua. Kabupaten Sumba Timur, katanya, dengan kondisi wilayah yang cukup luas apalagi adanya pemekaran lima kecamatan baru membutuhkan pegawai yang cukup banyak.
Namun kuota yang diberikan dari Menpan, kata Amos, hanya 53 orang. "Kami kekurangan pegawai cukup banyak. Namun kuota yang diberikan Menpan hanya 53. Kami tidak bisa berbuat banyak. Dari jumlah yang ada, bupati hanya diminta mengusulkan formasi yang dibutuhkan. Dari 53 orang itu, 16 tenaga strategis, 21 tenaga guru dan 16 tenaga kesesehatan," jelas Amos.
Dikatakan Amos, Sumba Timur pada tahun ini hanya mendapat tambahan pegawai 214 orang terdiri dari 161 CPNS dari PTT dan 53 pelamar umum. Untuk menutup kekurangan pegawai yang ada, terang Amos, pemerintah daerah harus memaksimalkan tenaga pegawai yang ada. Apalagi penerimaan tenaga honorer dan PTT langsung dari pemerintah pusat.
Amos menjelaskan, 53 pelamar umum yang akan diterima jadi CPNS di Sumba Timur, terdiri dari seorang sarjana akuntansi, seorang sarjana ekonomi manajemen, dua orang sarjana hukum, dua sarjana teknik sipil, dua orang sarjana ilmu pemerintahan, seorang sarjana ekonomi pembangunan, seorang sarjana sosiatri, seorang sarjana pertanian, seorang sarjana biologi lingkungan, seorang sarjana kehutanan, seorang sarjana sastra Inggris, seorang sarjana muda (D3) pariwisata, seorang orang D3 teknik elektro. * Spirit NTT, 10-16 Desember 2007.

Tidak ada komentar: