Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

7 Calon jemaah haji TTU ke Mekkah

Laporan Akoit Julianus, Spirit NTT

KEFAMENANU, SPIRIT --Tujuh calon jemaah haji asal Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) berangkat menunaikan ibadah haji di Mekkah, 4 Desember 2007. Pemkab TTU, yang diwakili Asisten II, Asterius da Cunha, secara resmi melepas keberangkat para calon jemaah tersebut di Lantai II Kantor Bupati TTU, Kamis (29/11/2007).
Da Cunha berharap calon jemaah haji agar menjaga diri dan nama baik keluarga, serta nama baik daerah TTU selama berada di tanah suci.
Dalam sambutan tertulis Bupati Manek yang dibacakan da Cunha, mengatakan keputusan untuk mengikuti ibadah haji di tanah suci adalah wujud dari kesadaran untuk tidak mengabaikan keselamatan kekal di dunia akhirat dan tidak menghabiskan rejeki yang diperoleh untuk mengejar kenikmatan dunia belaka.
"Kesadaran dan kemauan ini tentu saja menjadi contoh dan teladan bagi sesama umat muslim lainnya, maupun umat beragama lainnya untuk senantiasa menjaga keserasian dan keseimbangan antara kebutuhan lahiriah dan kebutuhan batiniah," tandasnya.
Sehubungan dengan keberangkatan ke tanah suci, Bupati Manek meminta agar menjadi duta daerah yang baik bagi sesama calon jemaah haji dari daerah lain, maupun calon jemaah haji dari negara lain.
"Segala tutur kata, perbuatan dan tindak-tanduk hendaknya dijaga agar tidak merugikan diri sendiri dan tidak mencoreng nama dan citra daerah," pintanya.
Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten TTU, Drs. Ambrosius Korbaffo, dalam laporannya menjelaskan, calon jemaah haji yang mendaftar untuk musim haji tahun 2007 berjumlah 13 orang. Namun kuota haji untuk TTU hanya 8 orang dan yang masuk daftar tunggu 5 orang.
Korbaffo menambahkan, ke-8 orang calon jemaah haji tersebut telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) pada BRI Cabang Kefamenanu dan telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan pertama pada Puskesmas Kota Kefamenanu, serta mengikuti penataran Manasik Haji selama 4 hari di Aula Departemen Agama TTU.
"Tapi kemudian satu calon jemaah haji meninggal dunia. Karena itu, yang berangkat ke tanah suci cuma tujuh orang calon jemaah haji," tukasnya.
Dipaparkan pula, rombongan jemaah haji TTU berangkat ke Kupang tanggal 1 Desember 2007, ke Surabaya 2 Desember 2007, masuk embarkasi Surabaya 3 Desember 2007. "Dan berangkat ke Mekah tanggal 4 Desember, dan akan berada di tanah suci selama sebulan," tukasnya. * Spirit NTT, 10-16 Desember 2007

Tidak ada komentar: