Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

RT/RW Bangkitkan Semangat Solidaritas

Edisi: 25 - 31 Oktober 2010
No. 240 Tahun V, Hal: 2


KUPANG, SPIRIT--Wakil Walikota Kupang, Drs. Daniel Hurek, meminta kepada bapa dan ibu ketua RT dan RW di Kota Kupang agar membangkitkan semangat solidaritas dan partisipasi serta kekompakan dalam menjalankan tugas. Hal itu demi mendukung roda pembangunan pemerintah.

"Ketua RT/RW berperan membantu lurah dalam menjalankan tugas kepemerintahan. Ketua RT/RW perlu menggali pengetahuan dan keterampilan sebanyaknya kemudian dibagikan kepada masyarakat," kata Hurek ketika melantik 19 ketua RT dan tujuh ketua RW se-Kelurahan Belo di Aula Kantor Lurah Bello, Selasa (19/10/2010).

Hurek mengharapkan ketua RT dan ketua RW bergandengan tangan untuk membantu lurah menjalankan roda pemerintahan di kelurahan. Hal itu merupakan fungsi RT dan RW sebagai lembaga kemasyarakatan dalam upaya peningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dengan pengetahuan yang ada, kata Hurek, masyarakat dapat memberdayakan dirinya sendiri demi peningkatkan kualitas hidup.

Menurut Hurek RT dan RW dalam menjalankan tugas tidak perlu mempersoalkan gaji. "Saya sampaikan kepada bapak ibu bahwa RT dan RW merupakan lembaga kemasyarakatan yang memiliki fungsi yakni, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, menjalin hubungan kemitraan dengan baik serta menjaga etika dan norma yang ada di masyarakat. Dalam menjalankan tugas sosial, RT dan RW serta lembaga kemasyarakatan lainya tidak mendapat imbalan secara materi tetapi lewat pengakuan sosial yang ada di masyarakat," katanya.

Hurek menegaskan RT dan RW tidak mendapat imbalan secara materi karena RT dan RW merupakan lembaga sosial kemasyarakatan yang lahir dan dibesarkan di tengah masyarakat untuk menjalin persatuan. (hh)

Tidak ada komentar: