Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Pemkab Belu Bantu Olah 135 Ha Lahan

Edisi: 25 - 31 Oktober 2010
No. 240 Tahun V, Hal: 10


ATAMBUA, SPIRIT--Dalam musim tanam (MT) 2010/2011 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu membantu masyarakat Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, dengan cara mengolah 135 hektar (ha) lahan perkebunan milik warga setempat. Pemerintah menyiapkan bibit, pupuk dan membantu traktor secara gratis.

Hal ini disampaikan Bupati Belu, Drs. Joachim Lopez, ketika melakukan peninjauan persiapan lahan pertanian jelang musim tanam tahun ini di Desa Silawan, Jumat (15/10) siang. Lopez didampingi Ketua Bappeda Belu, drg. Valentinus Pareira, dan Kabag Humas Belu, Drs. Michael Baba.

"Dalam musim tanam tahun ini, Pemkab Belu membantu masyarakat Desa Silawan untuk mengolah lahan perkebunannya seluas 135 hektar. Pemerintah memberikan bibit, pupuk dan traktor secara gratis untuk digunakan para petani. Kalau sudah gratis tetapi tidak kerja, malas dan terus mengeluh lapar, sebaiknya ceburkan diri saja dalam laut dan mati," jelas Bupati Lopez dengan nada sinis.

Terkait keluhan para petani setempat tentang banyak ternak yang tidak dikandangkan dan dibiarkan berkeliaran merusak tanaman pertanian, Bupati Belu meminta kepala desa dan aparat desa setempat agar mengimbau warga mengandangkan ternaknya. "Itu tanggungjawab kepala desa dan aparat desa untuk menghimbau warga mengandangkan ternaknya. Bila perlu membuat peraturan desa (perdes) untuk mengandangkan ternak.
Jadi ketika ada ternak yang berkeliaran, ternak itu ditangkap dan pemiliknya diberikan sanksi hukum karena punya acuan perdes," jelas Bupati Lopez.

Ia juga mengatakan mulai tahun 2011 yang akan datang, Pemkab Belu akan membantu warga Desa Silawan dengan program Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Rumah warga akan dibantu dengan memasang intalasi listrik tenaga surya. "Biar supaya di malam hari desa ini terlihat terang benderang. Apalagi Desa Silawan terletak di daerah perbatasan Timor Leste," janji Bupati Lopez.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Belu, drg. Valentinus Pareira menambahkan selain bantuan traktor, bibit dan pupuk secara gratis, Pemkab Belu juga membantu membangun satu unit sumur bor secara gratis untuk melayani kebutuhan air bersih warga Desa Silawan. "Semua bantuan gratis itu masuk dalam program kerja bantuan Program Pengembangan Wilayah Perbatasan," jelas Pareira. (humas pemkab belu)

Tidak ada komentar: