Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

"Kalau Ada Hujan Kami Tertolong"


MAUMERE, SPIRIT--Setiap bulan warga di wilayah Desa Nelle Urung, Kecamatan Nelle, Kabupaten Sikka harus mengeluarkan uang Rp 180 ribu untuk membeli air tangki. Satu tangki air 4 ton atau 4000 ribu liter dibeli seharga Rp 90 ribu. Sebulan warga harus membeli air tangki dua kali.

Air tangki ditampung di bak bantuan pemerintah khusus hanya dipakai untuk memasak dan untuk air minum. Untuk kebutuhan mandi warga harus menghemat. Sudah lama warga di Desa ini menderita kesulitan air.

Demikian keluhan yang dikemukakan Kepala Desa (Kades) Nelle Urung, Benyamin Mirong Wurute, kepada SPIRIT NTT, Kamis (16/9/2010) siang. Kades Nele Urung yang sering disapa BMW ini mengatakan, air bersih bagi warga di Kecamatan Nelle, dan khususnya Nelle Urung, telah menjadi masalah klasik. Pasalnya, hingga saat ini untuk kebutuhan air minum warga harus membeli air tangki atau menggunakan air hujan jika musim hujan.

"Warga di Nelle Urung sudah membuat bak ukuran besar. Ada dua sampai tiga KK kumpul uang setiap minggu lalu beli air. Sebulan dua kali isi bak pakai air tangki. Jadi setiap bulan kami harus sisihkan uang untuk membeli air. Kalau ada hujan kami bisa tertolong karena bisa tampung air hujan. Seng rumah kami kami pasang bambu lalu airnya kami masukkan ke dalam bak penampungan. Di Nelle Urung ada bak bantuan pemerintah tahun 2005 yang dibangun menggunakan dana subsidi BBM. Bak tersebut dipakai menampung air untuk kebutuhan warga Nelle Urung. Ada warga yang membangun bak sendiri dan dipakai bersama," kata BMW.

BMW menjelaskan, masyarakat Nelle Urung yang berada di daerah pinggiran Kota Maumere ini sudah sangat merindukan pelayanan air bersih. Harapan ini sudah sejak Indonesia Merdeka 65 tahun lalu. Tetapi kerinduan tersebut belum terobati.

"Pemerintah ada bangun air di Koting tapi sampai sekarang kami warga Nelle belum menikmati air bersih. Air tersebut baru sampai di Desa Paubekor, Kecamatan Koting. Kami warga Nelle belum menikmati air bersih," kata BMW. (ris)

Tidak ada komentar: