Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sosimus: Camat Tempati Rumah Dinas


MAUMERE, SPIRIT--Banyak camat di Kabupaten Sikka hingga saat ini belum menghuni rumah dinas yang sudah dibangun pemerintah kabupaten. Rumah-rumah bernilai ratusan juta rupiah itu mubazir.

Bupati Sikka, Drs. Sosimus Mitang, telah memerintahkan semua camat di daerah itu segera menempati rumah dinas yang sudah dibangun pemerintah kabupaten.

Camat juga harus berada di wilayahnya dan tinggal bersama masyarakat. "Jangan lagi ada camat yang tinggal di Kota Maumere. Kalau camat tinggal di kota, jangan heran staf pun ikut tinggal di kota. Semua camat saya perintahkan untuk tinggal di rumah dinas yang telah dibangun pemerintah menggunakan dana yang cukup besar," tegas Bupati Sosimus Mitang ketika menghadiri pelantikan 17 ketua Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan di Aula Setda Sikka, Sabtu lalu.

Bupati Sosimus mengatakan, camat yang tinggal bersama masyarakat di kecamatan akan mudah mengenal dan mengetahui keadaan masyarakat yang mengalami kesusahan. Jika ada persoalan, katanya, camatlah orang pertama yang mengetahui masalah tersebut dan menyelesaikannya sebelum dilaporkan kepada bupati.

Data yang diperoleh SPIRIT NTT menyebutkan, pada tahun 2008-2009, Pemda Sikka telah membangun rumah dinas camat dan staf di kecamatan. Namun banyak camat dan staf yang tinggal di Kota Maumere. Setiap pagi mereka menggunakan kendaraan menuju tempat kerja di kota kecamatan. Bahkan ada PNS yang enggan ke kantor kalau tidak ada kegiatan pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan di kecamatan karena jaraknya cukup jauh dari Kota Maumere.

Bupati Sikka dalam sambutannya saat pelantikan PKK mengingatkan agar semua Ketua Tim Penggerak PKK di tingkat kecamatan membantu camat dalam melaksanakan tugas pembangunan.

"Ibu camat harus mengetahui keadaan pendidikan, kesehatan dan masalah pangan di tingkat kecamatan. Program PKK harus dilaksanakan dan camat harus mendukung tugas PKK di kecamatan," pinta Sosimus. (ris)

Tidak ada komentar: