Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

NTT Targetkan Bebas Buang Hajat Sembarangan 2014


KUPANG, SPIRIT--Propinsi Nusa Tenggara Timur menargetkan bebas dari buang hajat di sembarangan tempat pada 2014 sebagai salah satu upaya mencegah berjangkitnya virus penyakit menular pada warga setempat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Masalah Kesehatan (P2MK) Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Timur (NTT), dr. Bobby Koamesah, di Kupang, Rabu (22/9/2010), mengatakan, untuk mewujudkan target tersebut pada tanggal 12 Oktober mendatang gubernur akan mencanangkan hal itu di Kabupaten Rote Ndao.

"Pencanangan ini merupakan yang kesekian kalinya dilakukan pemerintah propinsi dan akan terus digalakkan ke kabupaten lain di Nusa Tenggara Timur hingga benar-benar tuntas dari Buang Air Besar (BAB) di sembarangan tempat tahun 2014," katanya.

Menurut dia, Indonesia saat ini masih menempati urutan ke-41 dari 102 negara berkembang yang rendah kesadaran untuk BAB di tempat yang sehat. Hal ini terjadi karena hingga saat ini sekitar 110 juta dari 237,6 juta jiwa penduduk Indonesia atau sekitar 60 persen memilih BAB di sembarangan tempat, meskipun telah memiliki kakus.

Pencanangan ini, katanya diharapkan menjadi gerakan bersama untuk mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan melalui BAB di sembarangan tempat yang diyakini sebagai sumber adanya penyakit menular pada setiap saat.

Selain penyuluhan, juga dibentuk kelompok kerja percepatan pembangunan sanitasi pemukiman di sejumlah kabupaten untuk memantau kelancaran saluran pemusatan dan pembuangan limbah rumah tangga, selain itu juga melakukan pengawasan terhadap daerah yang masyarakatnya masih gemar BAB sembarangan. (spirit ntt/ant)

Tidak ada komentar: