Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jaringan Air Bersih RS Kota Terpasang

KUPANG, SPIRIT--Jaringan air bersih serta sistem produksi dan transmisi jaringan luar untuk air siap konsumsi di rumah sakit (RS) tipe C milik Pemerintah Kota Kupang, sudah terpasang dan tinggal dialiri untuk dimanfaatkan pasien.

"Untuk jaringan air bersih sudah siap dan tersambung, sedangkan untuk air yang siap diminum oleh pasien dan pengunjung lainnya, sudah terpasang sistem dan transmisi luarnya, tinggal jaringan dalam yang sedang dikerjakan oleh Dinas PU," kata Direktur PDAM Kota Kupang, Noldy Mumu, di Kupang, Jumat (3/9/2010).

Dia mengatakan, jaringan air bersih sudah terpasang dan sudah digunakan sejak awal rumah sakit yang diperuntukan bagi tersedianya akses pelayanan kesehatan masyarakat miskin Kota Kupang itu dinyatakan mulai beroperasi.

Hal itu, kata Noldy, untuk memberikan kenyamanan bagi pelayanan kesehatan di rumah sakit itu, agar pasien dan keluarganya yang mendatangi rumah sakit bisa terlayani dengan baik dan optimal.

Menurut dia, sistem transmisi air siap minum yang akan ditempatkan di sejumlah titik di rumah sakit tersebut, akan menggunakan peralatan perpipaan yang aman dan memiliki standar umum kesehatan, sehingga benar-benar air yang dikonsumsi itu sehat. "Kita akan menggunakan pipa stanlis steel dan rangkaian jaringan yang sehat sehingga benar-benar airnya steril dan sehat untuk dikonsumsi," kata Noldy.

Terhadap sistem dan jaringan air siap minum itu, kata dia sudah melalui proses uji kelayakan oleh Departemen Kesehatan dan telah memenuhi baku mutu air sehat sesuai standar mutu kesehatan yang diamanatkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan No. 416 Tahun 1999 tentang Standar Kualitas Air bersih dan Air minum. "Jadi airnya benar-benar sehat dan higienis," kata Noldy.

Noldi mengatakan, untuk menghindari penyalagunaan air langsung minum di rumah sakit tersebut, mungkin akan diatur dan diawasi secara ketat oleh pihak manajemen rumah sakit, agar air langsung minum itu tidak tercemar dan tetap aman untuk digunakan.

Selain itu, kata dia, juga dilakukan pembatasan penggunaan air siap konsumsi tersebut, dan tidak berada di semua titik ruangan yang ada. "Sistem jaringannya tidak berada di semua titik ruangan di rumah sakit itu. Hanya untuk ruangan khusus saja," kata dia.

Dia berharap dengan tersedianya jaringan air bersih serta sistem produksi dan transmisi jaringan luar untuk air siap konsumsi di rumah sakit tipe C milik Pemerintah kota Kupang itu, bisa membantu pihak manajemen rumah sakit untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara lebih maksimal dan berkualitas.

Dengan demikian masyarakat yang akan menjadi pasien juga akan menerima sebuah kepuasan layanan, demi pencapaian standar dan mutu kesehatannya. "Kita berharap dengan semua fasilitas yang ada di rumah sakit itu, ada manfaat timbal balik yang diperoleh dari masyarakat dan rumah sakit dalam membangun masyarakat Kota Kupang yang sehat," kata Noldy. (kotakupang.com)

Tidak ada komentar: