Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

BANGUN DEMOKRASI


Spirit NTT, 17-23 November 2008, Laporan Julianus Akoit

PERISTIWA pelantikan dua anggota DPRD Timor Tengah Utara (TTU) pengganti antarwaktu, Selasa (11/11/2008), dilukiskan ketua DPRD setempat, Agustinus Talan, S.Sos, mengandung nilai historis. Dalam catatannya, pelantikan itu merupakan peristiwa ketiga selama masa keanggotaan DPRD TTU periode 2004 - 2009.
Dua anggota Dewan yang dilantik itu adalah H Frengky Saunoah, S.E dan Hugo Seran. Saunoah menggantikan Aloysius Manek Taolin, S.E, yang pindah ke Partai Bintang Reformasi (PBR) dan Seran menggantikan Maximus Manehat yang di-recall sejak November 2006 lalu.

Seran dilantik berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur NTT No. Pem.171.2/13/2008 tanggal 22 Oktober 2008. Saunoah dilantik berdasarkan SK Gubernur NTT No. Pem.171.2/14/2008 tanggal 28 Oktober 2008 tentang Peresmian Pengangkatan Pengganti Antarwaktu Anggota DPRD TTU masa jabatan 2004-2009.
Kedua anggota Dewan yang dilantik ini sama-sama dari DPC PDIP TTU. Saunoah menempati nomor urut 2 Daftar Caleg Tetap (DCT) untuk Daerah Pemilihan (Dapil) III pada Pemilu 2004 lalu. Ia menggantikan Aloysius Manek Taolin, S.E, yang pindah ke PBR dalam pemilu 2009. Sedangkan Hugo Seran menempati nomor urut 3 DCT untuk Dapil IV pada pemilu 2004 menggantikan Maximus Manehat, yang di-recall pada November 2006 lalu.


"Saya berharap kehadiran dua saudara ini dalam jajaran anggota DPRD TTU dapat bersama-sama membangun sistem demokrasi di lembaga legislatif dengan menuangkan pikiran-pikiran cerdas dan dengan spirit baru dapat membantu memecahkan persoalan yang masih banyak kita hadapi," kata Talan.

Talan mengingatkan bahwa sorotan masyarakat terhadap kualitas pelayanan dewan kepada konstituennya, hendaknya menumbuhkan kesadaran tentang kekurangan dalam kepribadian dan kelemahan dalam sifat.

"Pada sisi inilah kode etik Dewan menjadi koridor untuk hati-hati dan bijak dalam mengemban tugas dan jabatan sebagai pertanggungjawaban moral atas anugerah Allah dan respons terhadap kepercayaan, ketaatan dan kesetiaan seluruh rakyat TTU," tambah Talan.

Bupati TTU, Drs. Gabriel Manek, M.Si, dalam sambutannya mengatakan pemerintah siap menjadi mitra bagi dua anggota dewan yang baru dilantik untuk bersama-sama bekerja melayani masyarakat TTU menuju sejahtera lahir batin serta adil merata. "Dewan dan eksekutif adalah mitra sejajar. Mari kita sama-sama berinsiatif, kreatif dan inovatif dalam melayani masyarakat menuju tujuan kesejahteraan lahir batin serta adil dan merata," kata Manek.*


Tidak ada komentar: