Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Salurkan kredit Rp 1,3 miliar

Laporan Muchlis Al Alawi, Spirit NTT, 9-15 Juni 2008

SOE, SPIRIT-- Dalam waktu tiga bulan, Koperasi Nusantara (Kopnus) yang berada di bawah naungan Kantor Pos Indonesia (Posindo) SoE, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) menyalurkan dana kredit kepada anggota sebesar Rp 1,3 miliar. Kredit Kopnus untuk pensiunan pegawai negeri sipil, TNI dan Polri yang mengambil gajinya di Kantor Posindo.

Kepala Kantor Posindo Cabang SoE, M. Akhfal mengatakan hal itu saat ditemui SPIRIT NTT di ruang kerjanya, Kamis (29/5/2008). Akhfal merinci, realisasi kredit perorangan yang sudah dikucurkan Kopnus kepada para pensiunan bulan Maret 2008 sebesar Rp 230 juta, bulan April sebesar Rp 400 juta dan pada bulan Mei disalurkan dana Rp 700 juta

Ia menjelaskan, besarnya kucuran dana kepada warga karena minat pensiunan mengajukan kredit perseorangan cukup tinggi. Hal itu dipicu dengan standarisasi bunga yang ringan. "Bunga mulai dari 0,9 persen," ujarnya.

Akhfal mengatakan, selain bunga ringan persyaratan pengajuan kredit di Kopnus tidak rumit. Prinsipnya pensiunan dapat mengajukan kredit bila gaji yang diterimanya masih cukup. "Dalam arti pembayaran angsuran dapat dilakukan dengan memotong gaji para pensiunan hingga 50 persen," tegasnya.

Menurut dia, pengajuan kredit di Kopnus dapat dilakukan dari nilai Rp 5 juta hingga Rp 100 juta. Besar kecilnya pengajuan kredit ditentukan dari jumlah uang yang diterima pensiunan. "Bila pensiunan masih menerima gaji utuh dengan jumlah yang besar maka ia dapat mengajukan kredit dengan angka maksimal," katanya.

Tentang batasan usia pensiunan yang dapat mengajukan kredit, ia mengatakan usia maksimal 70 tahun. Lewat kredit ini, Akhfal berharap para pensiunan dapat menjadikannya sebagai modal usaha.

Tidak ada komentar: