Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Lira Q kuatkan ekonomi masyarakat Sikka

Spirit NTT, 19-25 Mei 2008

MAUMERE, SPIRIT--Sejak Mei 2007 Lira Q sudah beroperasi di Maumere dengan tekad dan semangat untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat Sikka. Lira Q adalah Lembaga Investasi Masyarakat Quality bertujuan membuka kesempatan kepada semua orang menuju kehidupan yang lebih baik secara terorganisir dan berbasis pada penguatan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

Visi Lira Q aalah terciptanya keadilan sosial seluruh masyarakat Indonesia dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM) melalui investasi uang sebagai ikatan dalam berorganisasi sebesar Rp 1.500.000.

Sedangkan misi Lira Q adalah membuka kesempatan kepada semua orang untuk dapat hidup layak melalui penguatan modal kerja, memberikan bantuan beasiswa bagi mitra lembaga swadaya publik dan investasi, membuka kesempatan kerja kepada masyarakat dan menjadi mitra pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan, pengangguran dan penguatan ekonomi kelembagaan lainnya.

Lira Q didirikan sejak tanggal 25 Desember 2006 di Desa Tanah Merah, Kecamatan Kupang Tengah, oleh Jufri Deny H.Pakh, SP. Awalnya lembaga ini bernama Clara Investment dengan program memberi bantuan beasiswa pendidikan, penguatan ekonomi, investasi modal, dan sosial kemasyarakatan.

Lira Q Propinsi Nusa Tenggara Timur (NT) memiliki cabang atau distrik Sikka yang dipimpin oleh seorang Distrik program manajer atau DPM. Selama setahun ini, Lira Q Distrik sikka telah memberikan bantuan beasiswa kepada 200 mitra lembaga, memberikan bantuan modal usaha kepada 2000 mitra ekonomi senilai Rp 400.000.000 dan mendapatkan mitra mendekati miliaran rupiah.

Lira Q sudah merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) pertama untuk Distrik Sikka pada tanggal 14 April 2008. Di tahun pertama Lira Q telah memberikan bantuan 762 warga masyarakat Sikka dalam bidang pendidikan, dan ekonomi. Masyarakat yang menerima bantuan Lira Q terdiri dari 99 pelajar yang mendapatkan bantuan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi dan bantuan bidang perekonomian bagi 625 warga tidak mampu.

Manajer Program, Thomas Ming da Costa, menjelaskan, Lira Q Distrik Sikka sudah mempekerjakan 45 staf untuk dikaryakan pada 21 kecamatan. Lira Q bukanlah yayasan atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ataupun Koperasi. Lira Q merupakan lembaga investasi masyarakat yang memiliki program di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan sosial kemasyarakatan. Lira Q hadir untuk membangun dengan investasi. (tjipto/humas sikka)

Tidak ada komentar: