Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Dilantik, Mabira Pramuka Kecamatan Paga

Spirit NTT, 24-30 Maret 2008

PAGA, SPIRIT--Bupati Sikka, Drs. Alexander Longginus, selaku Ketua Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sikka, Selasa (11/3/2008), melantik Majelis Pembimbing Ranting dan Pengurus Kwartir Ranting (Mabira) Gerakan Pramuka Kecamatan Paga di Paga.
Bupati Longginus dalam sambutannya menyambut positif terselenggaramya pengukuhan majelis pembimbing dan pengurus kwartir ranting sebagai agenda kegiatan nasional. Kegiatan ini, katanya, perlu ditindaklanjuti pelaksanaannya sampai ke tingkat gugus depan dalam rangka pembinaan kaum muda melalui kepramukaan.
Ditegaskannya, kegiatan-kegitan kepramukaan merupakan hal penting bagi para pelajar di Sikka. Karena pramuka merupakan salah satu wadah penggemblengan watak, mental dan kepribadian kaum muda yang berusia 7-25 tahun.
Hal ini penting karena masa depan bangsa dan negara ditentukan dan dipimpin oleh kaum muda saat ini. Gugus depan yang dibentuk di setiap kecamatan, katanya, sebagai wadah pendidikan kepramukaan guna menyalurkan minat, bakat, meningkatkan pengetahuan, keterampilan, belajar mandiri dari pengalamannya, serta meningkatkan motivasinya untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif mulai dari lingkuangan keluarga sampai ke tingkat yang lebih luas.
Bupati Longginus berharap agar Majelis Pembimbing dan pengurus Kwartir Ranting Kecamatan Paga yang telah dikukuhkan dan diresmikan ini agar mampu menjalankan TRI SATYA dan DASA DARMA Pramuka secara baik, dengan rasa tanggung jawab sebagai wujud kepeduliannya dalam melakukan pembangunan bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Pemerintah dan masyarakat Sikka juga menyampaikan penghargaan kepada Camat Paga dan jajarannya, Koramil Paga bersama-sama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramukan Sikka, yang telah melakukan konsolidasi pembentukan Gugus Depan Teritorial sebagai jawaban terhadap program nasional yang telah diletakkan pertama kali dengan terbentuknya Gugus Depan Teritorial Desa Nirangkliung, Kecamatan Nita, yang diresmikan oleh Direktur Pembinaan Wilayah Departemen Dalam Negeri, tanggal 29 April 2007 pada acara pembukaan Perkemahan Mabicab Pertama tahun 2007 lalu.
Acara ini juga sebagai langka awal Pramuka Kabupaten Sikka untuk menyiapkan diri karena dalam waktu dekat ini ada beberapa kegiatan pramuka lain, baik di tingkat nasional maupun tingkat daerah.
"Melalui persiapan ini sangat diharapkan agar kita mampu mengikuti dan berprestasi seperti Raimuna Nasional di Cibubur Jakarta, Perkemahan Putri tingkat propinsi yang akan di laksanakan bulan Juli 2008, tingkat Kabupaten adalah Perkemahan MABICAB Sikka yang kedua akan dilaksanakan bulan Mei 2008 bertempat di Magepanda," ujarnya.
Acara pelantikan ini disaksikan oleh Kepala badan dinas satuan unit kerja Pemerintah Kabupaten sikka, para camat selaku ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka, para pelatih dan pembina, dan siswa-siswi Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. (cipto/jonathan)

Tidak ada komentar: