Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

PKK mitra kerja pemerintah

Spirit NTT, 8-15 Oktober 2007

LARANTUKA, SPIRIT--Program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) adalah mitra kerja pemerintah. PKK sebagai gerakan masyarakat harus aktif berperan membangun kerja sama dengan pemerintah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Flores Timur. Diharapkan, kegiatan PKK yang sudah dilaksanakan perlu ditingkatkan terus seiring dengan peningkatan kualitas sumber daya bagi pengelolaan program PKK pada tingkat bawah.
Demikian Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Flores Timur, Ny. Theresia Sabu Hadjon Herin, dalam sambutannya pada acara pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Solor Barat, Ny. Margaretha Tuto, menggantikan Ny. Lusia Ina Werang, di Aula Kantor Camat Solor Barat, Sabtu (29/9/2007) lalu.
Ny. Tuto dilantik menjadi Ketua Tim Pengerak PKK Kecamatan Solor Barat berdasarkan Surat Keputusan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Flores Timur Nomor 05/SKEP/PKK. FLT/X/2007 tentang Pemberhentian Ketua Tim Penggerak PKK dan Pengangkatan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Solor Barat.
Menurutnya, jabatan adalah suatu kepercayaan, sebagai upaya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, diimbau agar anggota PKK Kecamatan Solor Barat dapat membangun kerja sama yang baik dengan pemerintah kecamatan dan sektor terkait, selaku dewan penyantun serta melanjutkan tim kerja yang sudah ada.
Selain itu, lanjutnya Ny. Theresia, harus ada langkah kreatif, inovatif dan aspiratif dalam merancang kegiatan sesuai potensi dan kondisi desa/kelurahan masing-masing dan selalu membuat evaluasi akhir untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan kegagalan yang telah dicapai dan dihadapi.
Camat selaku Ketua Dewan Penyantun juga diharapkan selalu membantu Tim Penggerak PKK kecamatan dalam pelaksanaan program PKK.
Ny. Theresia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ny. Lusia Ina Werang sebagai Ketua TP PKK kecamatan dan camat selaku Ketua Dewan Penyantun serta sektor terkait yang telah bekerja sama dengan baik dalam menyukseskan program PKK selama ini. (tri/humas flotim)

Siap hadapi perubahan
CAMAT Solor Barat, Drs. Yoseph Dasi Bumi, dalam sambutannya, menjelaskan, dalam era reformasi, gerakan PKK dihadapkan dengan paradigma baru sesuai amanat GBHN tahun 1999 serta pelaksanaan otonomi daerah yang luas, nyata dan bertanggungjawab.
Sebagai suatu gerakan, katanya, PKK harus tanggap dan siap menghadapi perubahan-perubahan untuk memasuki masa depannya dan tetap dapat memberikan dharma bakti serta sumbangsihnya untuk masyarakat, bangsa dan negara yang sedang membangun.
Dikatakannya, pembangunan adalah suatu proses perubahan yang mencakup berbagai aspek kehidupan manusia yang mencakup bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan. Pembangunan yang sedang dilaksanakan akan berhasil baik apabila ada fasilitas yang disediakan oleh pemerintah dan di sisi lain perlu adanya peran serta dari seluruh komponen masyarakat dalam pembangunan.
"Perlu disadari bersama bahwa dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga menjadi peran dan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Partisipasi dan peran serta masyarakat sangat dibutuhkan, hal ini dapat diwujudkan melalui pelaksanaan kegiatan 10 program pokok PKK sebagai upaya untuk menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera, baik fisik maupun mental," jelas Dasi Bumi.
Menurutnya, TP PKK Solor Barat boleh berbesar hati karena Ketua TP PKK Kecamatan telah mendapat suatu legalitas formal melalui acara pelantikan yang sudah dilakukan oleh Ibu Ketua TP PKK Flotim. Oleh karena itu Ibu Ketua TP PKK Solor Barat yang baru adalah mitra kerja pemerintah dan masyarakat dalam upaya mewujudkan keluarga yang maju, mandiri, sehat dan sejahtera.
Sebagai pengerak PKK, katanya, senantiasa berusaha untuk menyukseskan kegiatan 10 Program Pokok PKK dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat di wilayah ini, serta program Kebijakan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Flores Timur dalam kepemimpinan politik periode ini. Dengan demikian TP PKK di samping melaksanakan tugas pokok, juga berusaha menyukseskan program pemerintah dan kebutuan masyarakat umumnya.
Ada beberpa program pokok yang perlu diperhatikan dan cukup mendesak dalam mengatasi krisis multi dimensional yang sedang dialami yang perlu antara lain, pertama, pemenuhan kabutuhan akan pangan (lomba makanan lokal). Kedua, pendidikan dalam rangka eningkatan SDM (kegiatan pelatihan). Ketiga, peningkatan derajat kesehatan masyarakat (keterlibatan PKK di posyandu). Keempat, perekonomian rakyat dengan meningkatkan wirausaha dan koperasi harus ditumbuhkembangkan.
"Dengan peningkatan kinerja PKK dengan prioritas program tersebut di atas walaupun dengan keadaan yang serba terbatas, saya mempunyai suatu keyakinan bahwa TP PKK Solor Barat dapat melaksanakan kegiatan secara berdayaguna dan berhasilguna dalam membantu pemerintah unutk mensejahterakan masyarakat di wilayah ini," ujar Dasi Bumi.
"Dan, apabila dalam perjalanan pelaksanaan program ada hal-hal yang belum dipahami, saya harapkan dapat berkonsultasi dengan TP PKK kabupaten dan pemerintah kecamatan untuk selalu memberikan bantuan dan motivasi dalam seluruh kegiatan PKK di wilayah ini," tambahnya. (tri/humas flotim)

Tidak ada komentar: