Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Kades terpilih harus diberi pemahaman administrasi

Laporan Humas Sikka, Spirit NTT 24-31 Desember 2007

MAUMERE, SPIRIT--Para kepala desa (kades) terpilih di Sikka yang memenangkan pemilihan harus diberi pemahaman tambahan dengan materi pembinaan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pembangunan di desa, administrasi, dan masalah kepemimpinan. Para camat sangat diharapkan berperan memberi pembinaan terhadap para kades terpilih di wilayahnya.
Hal ini disampaikan Bupati Sikka, Drs. Alexander Longginus, dalam sambutannya usai mengambil sumpah dan melantik Kepala Desa Heo Puat, Philipus Moa, di Halaman Kantor Desa Heo Puat, Kecamatan Hewokloang, Kamis (13/12/2007).
"Pembinaan para kades terpilih harus dilakukan para camat. Pembinaan itu merupakan langka awal untuk meningkatkan SDM, wawasan, pengetahuan para kepala desa terpilih di bidang penyelenggaraan pembangunan, administrasi desa dan kepemimpinan. Jadi, kades terpilih itu harus di-breafing, dibina sebelum dilantik guna mengurangi kesalahan administrasi desa dan kesalahan lain. Dengan demikian pelaksanaan pembangunan di desa berjalan tepat waktu," tegas Longginus.
Pembinaan ini, diakui Bupati Longginus, selain untuk meningkatkan pendekatan pelayanan kepada masyarakat, juga sebagai upaya memberikan pelayanan administrasi desa yang tepat waktu. "Tujuannya untuk mengurangi kesalahan administrasi seperti pengalaman kepemimpinan kepala desa selama ini. Dengan demikian proses penyelenggaraan pembangunan di tingkat desa akan berjalan secara baik, tepat waktu dan sasaran," ujar Longginus.
Belajar di Heo Puat
Berdasarkan hasil temuan inspektorat di Desa Heo Puat pada akhir kepempimpinan Kepala Desa Heo Puat periode sebelunya, hanya ada temuan Rp 25.000,00 dari ratusan juta dana yang dikelola Desa Heo Puat. Temuan ini pun akibat kesalahan administrasi. Nilai temuan ini merupakan yang terkecil dari total temuan inspektorat di desa lainnya di Sikka.
"Kita patut belajar administrasi dari Desa Heo Puat. Ini merupakan hal positif yang harus kita belajar. Heo Puat merupakan salah satu desa yang dikenal tertib administrasi. Semua kita, para camat, kepala dinas, termasuk bupati sendiri harus belajar administrasi dari Heo Puat," ujar Bupati Longginus.
Pelantikan Kepala Desa Heo Puat, Philipus Moa, dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Sikka Nomor 302 / HK / 2007 tentang Pemberhentian dan Pelantikan Kepala Desa Heo Puat, Kecamatan Hewokloang, untuk masa bakti 2007-2013.
Dilantiknya Kepala Desa Heo Puat merupakan periode kedua masa kepemimpinan Philipus Moa sebagai Kepala Desa Heo Puat. Hadir pada acara pelantikan tersebut, Wakil Ketua II DPRD Sikka, Ir. Henny Doing, sejumlah anggota DPRD Sikka, Ketua Tim Penggerak PKK Sikka, mantan Sekda Sikka, Drs. Sosimus Mitang, para cama, kepala desa serta sejumlah undangan lainnya. *

Tidak ada komentar: