Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Terima kartu Jamkesmas

Spirit NTT, 21 - 27 Juli 2008, Laporan Thomas Duran

SIKUMANA, SPIRIT--Sebanyak 6.302 warga miskin di Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, menerima kartu jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas). Ke-6.302 warga penerima Jamkesmas ini berasal dari 42 RT.

Hal ini disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan, Angry W Ledoh, S.STP kepada SPIRIT NTT di kantor lurah setempat, Selasa (15/7/2008). Menurut Angry, program Jamkemas ini, menggantikan semua kartu identitas miskin yang selama ini diberikan kepada masyarakat miskin di masing-masing kelurahan. Identitas miskin kata Angry, berupa surat keterangan tidak mampu (SKTM), jaminan pengamanan sosial (JPS) serta asuransi kesehatan masyarakat miskin (Askeskin). Angry mengatakan, ke- 6.302 warga penerima Jamkesmas ini semuanya warga Kelurahan Sikumana yang layak mendapat bantuan. "Masih banyak KK miskin di Kelurahan Sikumana yang perlu dibantu," katanya.

Menurut dia, warga penerima Jamkesmas ini merupakan warga penerima Askeskin, SKTM maupun JPS yang didata oleh masing-masing ketua RT pada beberapa tahun sebelumnya. Walau data lama, kata Angry belum semua terakomodir, karena masih ada laporan dari masyarakat bahwa ada warga yang belum menerima Jamkesmas.

Angry mengatakan, kartu Jamkesmas ini untuk membantu pengobatan bagi warga miskin, baik di Puskemas maupun di RSU Kupang. Kartu ini juga membebaskan biaya opname di kelas tiga. Menurut dia, kartu Jamkesmas ini dikeluarkan oleh Askes setelah mendapatkan data dari maing-masing kelurahan. Ia juga mengatakan, kartu tersebut dikirim ke kelurahan, kemudian diambil oleh masing-masing warganya sejak tanggal 7 dan berakhir pada tanggal 18 Juli 2008.*

Tidak ada komentar: