Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

September, realisasi pembayaran BLT

Spirit NTT, 21 - 27 Juli 2008, Laporan Oby Lewanmeru

LABUAN BAJO, SPIRIT--Realisasi pembayaran bantuan langsung tunai (BLT) di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) diperkirakan bulan September 2008. Hal ini terjadi karena Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima BLT sedang diverifikasi.

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial (Kesos) Mabar, Thomas Alex Subino, S.H, kepada SPIRIT NTT di Labuan Bajo, Selasa (15/7/2008).

Menurut Subino, realisasi BLT bagi masyarakat miskin di daerah ini masih dalam tahapan verifikasi data. Karena proses verifikasi belum rampung, maka diperkirakan realisasi pembayarannya baru akan dilakukan bulan September.

"Verifikasi data dilakukan mulai dari tingkat Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW). Verifikasi dilakukan untuk cek jangan sampai ada warga yang tidak penuhi syarat," kata Subino.

Dia menjelaskan, saat ini tim verifikasi masih berada di lapangan untuk verifikasi RTS sasaran sehingga realisasinya belum dapat dilakukan hingga selesainya tahapan verifikasi. Diperkirakan pembayaran baru bisa dilakukan bulan depan.
Tentang warga yang terdata namun tidak memenuhi persyaratan, Subino mengatakan, warga itu akan diganti dengan orang lain yang memenuhi syarat. "Yang tidak penuhi syarat, misalnya, orang yang bersangkutan pindah tempat lain, meninggal dunia maka diganti," katanya.

Dikatakannya, setelah diverifikasi dan menemukan kondisi ini, pemerintah desa dapat melakukan pergantian dengan cara musyawarah. "Ini perlu dilakukan musyawarah bersama di tingkat desa kemudian ditentukan pengganti yang memenuhi syarat. Setelah itu dituangkan dalam berita acara," tuturnya.

Dia mengakui, pihaknya sudah membagikan formulir berita acara di setiap desa agar dalam proses verifikasi jika ditemukan hal tersebut maka langsung diganti, dan dimuat pada berita acara untuk dipertanggungjawabkan.

Dia mengakui, BLT berbeda dengan Program Keluarga Harapan (PKH), sebab PKH adalah bantuan yang bersyarat, yakni bagi ibu hamil, memiliki balita dan untuk menyekolahkan anak.*


Tidak ada komentar: