Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

HUT Mabar, panitia gelar festival budaya

Spirit NTT, 21 - 27 Juli 2008, Laporan Oby Lewanmeru

LABUAN BAJO, SPIRIT--Festival seni dan budaya menyemarakkan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-5 Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) dengan menampilkan aneka atraksi dari 20 sanggar budaya di daerah itu. Festival ini bertujuan untuk memupuk rasa persaudaraan di antara sesama, selain tetap menghidupkan nilai-nilai budaya yang ada di daerah ini.

Demikian dijelaskan Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Kebudayaan Mabar, Drs. Viktor Raul, kepada SPIRIT NTT di Labuan Bajo, Selasa (15/7/2008). Menurut Raul, kegiatan pagelaran atau festival seni dan budaya di Mabar digelar setiap tahun menyambut HUT daerah ini. Bahkan sudah merupakan program rutin dari dinas ini dengan harapan dapat menghidupkan nilai-nilai budaya daerah setempat.

"Apalagi daerah ini adalah daerah tujuan wisata sehingga kita perlu mencari terobosan, serta tetap mempertahankan nilai-nilai luhur budaya yang ada karena menjadi aset bagi daerah ini," kata Raul.

Dia menjelaskan, festival seni dan budaya yang sedianya digelar, Senin (14/7/2008), diundur hingga tanggal 21 Juli mendatang dengan alasan akan dipadukan dengan Hari Koperasi yang akan terpusat di Labuan Bajo. Dengan memadukan dua acara ini, kata Raul, acara ini menjadi momen penting bagi daerah untuk mempromosikan budaya yang ada agar tetap lestari. "Kita upayakan agar nilai budaya yang kita miliki ini tidak luntur, tapi tetap tertanam dalam kehidupan kita saat ini maupun yang akan datang," katanya.

Menarik wisatawan
Wakil Bupati Mabar, Drs. Agustinus Ch Dula, mengatakan, kegiatan festival seni dan budaya yang selalu digelar di daerah ini merupakan bukti bahwa daerah Mabar memiliki sejumlah budaya sebagai modal dasar pembangunan.

"Ini daerah tujuan wisata, karena itu kita harus berani membuktikan dengan menampilkan berbagai budaya dan seni. Pertunjukan ini akan menarik wisatawan datang ke daerah ini," katanya. *


Tidak ada komentar: