Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

PAUD dorong kemajuan bahasa anak

Laporan Muchlis Al Alawi, Spirit NTT, 23 - 30 Juni 2008

SOE, SPIRIT-- Berbagai pelajaran yang diterima anak peserta pendidikan anak usia dini (PAUD) dapat menanamkan sikap moral sejak dini. Lewat PAUD anak akan mengalami kemajuan berbahasa dan berhitung.

Kepala Sub Dinas (Kasubdin) Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbus) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Yes Boymau, A.Md, S.Th, menyampaikan hal itu saat menghadiri wisuda angkatan I dan II tahun ajaran 2007/2008 PAUD An Nisa SoE, di Aula Dinas Infokom TTS, Senin (16/6/2008).

Menurutnya, kemampuan anak berbahasa, berhitung dan tata krama akan berbeda saat anak sudah mengenyam pendidikan di PAUD. "Berbagai rangkaian acara yang digelar Paud An Nisa SoE seperti anak-anak melafalkan ayat suci Al-Qur'an, berhitung dalam bahasa Arab dan Inggris menunjukkan kemajuan pesat seorang anak yang didik atau sebaliknya. Tanpa adanya pendidikan anak usia dini, tak mungkin anak berusia empat tahun dapat menghitung dalam bahasa arab dan Inggris," jelas Boymau.

Ia mengatakan, sudah saatnya warga yang memiliki anak umur dua hingga enam tahun masuk PAUD. Pasalnya, saat ini untuk sudah puluhan PAUD berdiri di wilayah TTS.
Boymau menjelaskan, anak yang dididik sejak dini akan berbeda kualitasnya dengan anak yang langsung mengenyam pendidikan dasar. Sebab, dalam usia empat tahun, seorang anak sudah membentuk 50 persen intelegensi yang akan dimilikinya setelah dewasa. Sedangkan 30 persen menjelang usia delapan tahun sangat sulit mengembangkan intelektualitas otak.

Untuk itu, lanjut Boymau, dapat dipahami bila usia empat tahun pertama dalam perkembangan anak disebut sebagai usia emas (golden age). Artinya, pada usia tersebut selain gizi yang cukup dan layanan kesehatan yang baik, rangsangan intelektual dan spiritual sangat diperlukan bagi perkembangan anak di masa mendatang.

Kepada PAUD An Nisa, Boymau menyampaikan apresiasinya karena telah berbuat banyak bagi anak-anak di wilayah Kota SoE dan sekitarnya. Apa yang dilakukan PAUD An Nisa patut ditiru PAUD lainnya karena tanpa bantuan pemerintah PAUD ini dapat mandiri menyelenggarakan pendidikan bagi anak-anak.*


Tidak ada komentar: